Kelompok
4 (Pepaya) :
Allysa
Puspacinta
Andiani
Dini Putri
Anisa
Rahma Hanifa
Dinda
Deniati Pandini
Nurfadillah
Ami Santika
Kelas :3PA06
PENDAHULUAN
Komunikasi merupakan hal penting yang tidak bisa lepas dari
seluruh bidang kehidupan. Tiap orang tentu pernah melakukannya, karena pada
hakekatnya manusia adalah makhluk soaial yang selalu bergantung pada manusia
lain. Sehingga satu-satunya cara dan alat yang digunakan agar tetap bisa
saling berhubungan adalah dengan berkomunikasi satu sama lain. Baik itu
melalui komunikasi sederhana maupun komunikasi yang tergolong canggih karena
proses penyampaiannya melalui saluran yang disebut media massa.
Kegiatan berkomunikasi perannnya sangat besar. Saat
berkomunikasi dengan orang lain, secara sadar atau tidak kita sudah meperoleh
hal-hal yang berguna untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.
Walaupun tidak jarang, dengan berkomunikasi juga memberikan efek negatif jika
kita tidak ketat melakukan proses penyaringan. Dengan seringnya melakukan
komunikasi akan melatih kita bagaimana caranya berbahasa yang baik dan benar,
sopan santun jika berbicara dengan orang lain, serta membuat kita tidak lagi
merasa canggung berbicara di hadapan orang banyak. Tidak berlebihan jika
beberapa ahli menggolongkan komunikasi sebagai salah satu kebutuhan pokok
manusia selain sandang, pangan dan papan.
Oleh sebab itu dalam tulisan ini akan menjabarkan sedikit
mengenai hal tentang komunikasi. Kami akan membahas penjelasan
tengan komunikasi dan dimensi-dimensi dalam komunikasi. Dengan begitu pembaca
nantinya diharapkan mengetahui dan mengerti penjelsan mengenai apa itu
komunikasi.
TEORI
Kata komunikasi berasal dari bahasa Latin communicatio yang
berarti “pemberitahuan” atau “pertukaran pikiran”. Jadi secara garis besar
dalam suatu proses komunikasi haruslah terdapat unsur-unsur kesamaan makna agar
terjadi suatu pertukaran pikiran dan pengertian antara komunikator (penyebar
pesan) dan komunikan (penerima pesan).
Proses komunikasi dapat diartikan sebagai “transfer informasi”
atau pesan (message) dari pengirim pesan sebagai komunikator kepada penerima
sebagai komunikan. Dalam proses komunikasi tersebut bertujuan untuk mencapai
saling pengertian (mutual understanding) antara kedua pihak yang terlibat dalam
proses komunikasi, komunikator mengirimkan pesan/informasi kepada komunikan
sebagai sasaran komunikasi. Berikut adalah definisi komunikasi menurut para
pakar :
1. Komunikasi
adalah seni menyampaikan informasi, ide, dan sikap seseorang kepada orang lain (Edwin Emery).
2. Komunikasi
adalah suatu proses interaksi yang mempunyai arti antara sesama manusia (Delton
E, Mc Farland).
3. Komunikasi
adalah proses yang menggambarkan siapa mengaratakan apa dengan cara apa, kepada
siapa denganefek apa (Laswell)
4.
pengaruh satu wilayah pesona pada wilayah pesona yang lain sehingga perubahan
dalam satu wilayah menimbulkan suatu perubahan yang berkaitan pada wilayah lain
(K. Lewin)
5. komunikasi adalah proses dimana seseorang komunikator menyampaikan peransang untuk merubah tingkah laku orang lain (Carl I Hoveland)
5. komunikasi adalah proses dimana seseorang komunikator menyampaikan peransang untuk merubah tingkah laku orang lain (Carl I Hoveland)
Dimensi-dimensi
komunikasi
· Dimensi
isi
Komunikasi
mencakup dimensi isi. Komunikasi juga menyangkut hubungan diantara kedua pihak.
Sebagai contoh, seorang atasan mungkin berkata kepada bawahannya “Datanglah
keruangan saya setelah rapat ini”. Pesan sederhana ini mempunyai aspek isi
(kandungan atau content) dan aspek hubungan (relational). Aspek isi
mengacu pada tanggapan perilaku yang diharapkan yaitu, bawahan menemui atasan
setelah rapat
· Dimensi
kebisingan
Noise atau
kebisingan adalah segala sesuatu yang ada dilingkungan komunikasi yang dapat
mengganggu kelancaran berlangsungnya penyampaian pesan tersebut. Gangguan
tersebut bisa karena adanya alat-alat yang bersuara keras, lingkungan yang
berisik, gangguan lain, atau karena kurangnya kondisi fisik atau psikologis
penerima pesan. Gangguan ini muncul bila komunikasi bersifat lisan/verbal.
· Dimensi
Jaringan
Yang dimaksud dengan jaringan komunikasi adalah saluran yang digunakan untuk meneruskan pesan dari orang yang satu ke orang yang lain. jaringan ini dapat dilihat dari dua perspektif. Pertama, kelompok kecil sesuai dengan sumber daya yang dimilikinya akan mengembangkan pola komunikasi yang menggabungkan beberapa struktur jaringan komunikasi. jaringan komunikasi ini kemudian merupakan sistem komunikasi umum yang akan digunakan oleh kelompok dalam mengirimkan pesan dari satu orang ke orang lainnya. Kedua, jaringan komunikasi ini bisa dipandang sebagai struktur yang diformalkan yang diciptakan oleh organisasi sebagai sarana komunikasi organisasi.
Yang dimaksud dengan jaringan komunikasi adalah saluran yang digunakan untuk meneruskan pesan dari orang yang satu ke orang yang lain. jaringan ini dapat dilihat dari dua perspektif. Pertama, kelompok kecil sesuai dengan sumber daya yang dimilikinya akan mengembangkan pola komunikasi yang menggabungkan beberapa struktur jaringan komunikasi. jaringan komunikasi ini kemudian merupakan sistem komunikasi umum yang akan digunakan oleh kelompok dalam mengirimkan pesan dari satu orang ke orang lainnya. Kedua, jaringan komunikasi ini bisa dipandang sebagai struktur yang diformalkan yang diciptakan oleh organisasi sebagai sarana komunikasi organisasi.
· Dimensi
arah
Komunikasi
satu arah adalah situasi komunikasi dimana pengirim tidak memiliki kesempatan
untuk mengetahui bagaimana peneriman telah mendekodefikasikan pesannya.
Sebaliknya komunikasi dua arah berlangsung apabila pengirim cukup leluasa
mendapatkan umpan balik tentang cara penerima menangkap pesan yang telah
dikirimnya
PENUTUP
Komunikasi merupakan proses penyampaian informasi dari
komunikator kepada komunikan untuk mencapai suatu kesamaan pemahaman terhadap
suatu hal. Proses komunikasi dapat diartikan sebagai “transfer informasi” atau
pesan (message) dari pengirim pesan sebagai komunikator kepada penerima sebagai
komunikan. Dalam proses komunikasi tersebut bertujuan untuk mencapai saling
pengertian (mutual understanding) antara kedua pihak yang terlibat dalam proses
komunikasi, komunikator mengirimkan pesan/informasi kepada komunikan sebagai
sasaran komunikasi.
DAFTAR PUSTAKA
Suprapto,
Tommy. (2009). Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi
Jakarta
: MedPress
Supratiknya,
A. (1995). Komunikasi Antar Pribadi, Tinjauan Psikologis.
Ismainar,
Hetty. (2015). Manajemen Unit Kerja.
Yogyakarta
: Deepublish
Ruky,
Achmad. S. (2002). Sukses sebagai Manajer Profesional tanpa Gelar MM atau
MBA.
Jakarta
: Gramedia
Peny, Eliyani. (2010). Komunikasi
Antar Pribadi dan Peningkatan Kualitas Kerja Karyawan (Studi Deskriptif Peranan
Komunikasi Antar Pribadi Team Leader pada PT. Infomedia Medan terhadap
Peningkatan Kualitas Kerja Caroline Officer). Skripsi. Medan. Fakultas Ilmu
Sosial Dan Ilmu Politik. Universitas Sumatera Utara
Tidak ada komentar:
Posting Komentar